Minggu, 08 Juni 2014

6 langkah membuat web portal

a-good-developer
Website digunakan untuk menampilkan informasi mengenai suatu informasi, opini, dan sebagainya. Sedangkan website portal digunakan untuk membangun komunitas online dan menghadirkan lingkup yang lebih luar mengenai berbagai informasi kepada masyarakat. Portal seperti Yahoo.com, MSN.com dan Google.com ditujukan untuk masyarakat luas serta digunakan untuk menampilkan berita, foto, dan mesin pencari untuk berbagai hal. Portal seperti WebMD.com, FoodNetwork.com dan HGTV.com lebih spesifik, karena mereka memfokuskan pada satu bagian industri, berikut beberapa tips untuk mengenal lebih jauh mengenai website portal:
Langkah 1
Tentukan siapa yang akan jadi target untuk web portal anda. Sebagai contoh, WebMD.com memfokuskan dalam menolong orang dalam mengatasi persoalan kesehatan mereka. Para pengguna web mereka terdiri dari orang yang mencari informasi mengenai penyakit atau penyembuhan lewat perawatan dan terapi di rumah atau informasi mengenai sakit-penyakit. Contoh lainnya adalah web portal Yahoo.com yang mengkombinasikan jejaring sosial dengan informasi yang bervariatif yang menarik minat masyarakat umum.
Langkah 2
Pilih layanan dan perangkat yang anda butuhkan untuk anda sediakan bagi para pengguna web. Web portal harus interaktif, jadi anda membutuhkan berbagai perangkat yang interaktif untuk menarik pengunjung dan membuatnya kembali lagi ke web anda. Gunakan poling untuh mendapatkan respon mereka tentang suatu pertanyaan, gunakan blog agar user dapat memberikan komentar, atau showcase untuk memperoleh opini dari user. Foto galeru dapat digunakan untuk menampilkan foto selebriti, foto komunitas atau sebagai bagian dari berita.
Langkah 3
Download sebuah web portal yang gratis yang bisa anda dapatkan di internet. Anda dapat mencari salah satunya di freewebtemplates.com serta mencari dengan kata kunci 'portal' atau 'web portal' untuk melihat mendapatkan template yang sesuai dengan keinginan anda.
Langkah 4
Unzip template tersebut pada komputer anda. Umumnya template dalam bentuk zip files dan anda perlu unzip dulu untuk menggunakan template tersebut.
Langkah 5
Cari script gratis untuk ditambahkan pada portal anda. Anda bisa mencari misalnya di dynamicdrive.com untuk javascript yang dapat digunakan pada website. Download script yang dapat berjalan di web browser modern.
Langkah 6
Buat halaman berdasar dari web template. Online web template biasanya terdiri dari 1 halaman saja (biasanya home page), anda dapat menduplikat template menggunakan text editor, kemudian memodifikasi sesuai keinginan anda untuk sub pages nya.
Untuk anda yang telah mengenal CMS (Content Mangement System), anda dapat memulai dengan mencari CMS open source yang sesuai dengan kriteria portal anda, kemudian kembangkan dengan bantuan komunitas CMS tersebut.
Info lebih lengkap klik disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar